Mengenal Hak Eksklusif dalam Hak Desain Industri
Terbaru

Mengenal Hak Eksklusif dalam Hak Desain Industri

Hak desain industri ini merupakan hak eksklusif yang dapat diperoleh pendesain atau yang menerima hak tersebut dari pendesain.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Webinar Hak Cipta dan Hak Desain Industri bagi Seni Kreatif dan Para Penulis yang dihelat Hukumonline, Kamis (21/12). Foto: WIL
Webinar Hak Cipta dan Hak Desain Industri bagi Seni Kreatif dan Para Penulis yang dihelat Hukumonline, Kamis (21/12). Foto: WIL

Sebagai salah satu produk yang dapat dilindungi, hak desain industri merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pendesain atas hasil karyanya selama kurun waktu tertentu untuk menjalankan sendiri atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk menjalankan hak tersebut. 

“Hak desain industri diberikan untuk desain industri yang baru. Desain industri dianggap baru apabila pada tanggal penerimaan, desain industri tersebut tidak sama dengan pengungkapan yang telah ada sebelumnya,’’ ujar AVP Premium Content Hukumonline, Desi Christina dalam sesi webinar Hak Cipta dan Hak Desain Industri bagi Seni Kreatif dan Para Penulis yang dihelat Hukumonline, Kamis (21/12).

Tanggal penerimaan maksud Desi di sini adalah tanggal penerimaan permohonan pendaftaran desain industri yang telah memenuhi persyaratan administrasi. Sedangkan, pengungkapan sebelumnya adalah pengungkapan desain industri.

Baca Juga:

Pengungkapan sebelumnya itu terdiri dari tanggal penerimaan, tanggal prioritas apabila permohonan pendaftaran diajukan dengan hak prioritas, dan telah diumumkan atau digunakan di Indonesia atau di luar Indonesia.

Desain industri merupakan suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.

“Hak desain industri tidak dapat diberikan apabila desain industri tersebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketertiban umum, agama, atau nilai kesusilaan,” imbuh Desi.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait