Prof Erman Pelopor Hukum Ekonomi Hingga Komisioner Komnas HAM Bakal Temui Masa Sulit
Terbaru

Prof Erman Pelopor Hukum Ekonomi Hingga Komisioner Komnas HAM Bakal Temui Masa Sulit

Ancaman sanksi administratif hingga pidana dalam UU PDP, advokat ingatkan penyelenggaraan sepak bola harus taat aturan, dan ini jajaran pengurus AKPI Periode 2022-2025 turut dibahas Hukumonline.

Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Kantor Komnas HAM di Jakarta. Foto: Istimewa
Kantor Komnas HAM di Jakarta. Foto: Istimewa

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Rabu (5/10/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai Prof Erman Rajagukguk sebagai pelopor hukum ekonomi hingga 9 Anggota Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2025 bakal sulit di tahun awal. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Mengenang Prof. Erman Rajagukguk Sebagai Pelopor Hukum Ekonomi di Indonesia

Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh besar di bidang pendidikan hukum, Prof. Erman Rajagukguk. Beliau menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (23/8) di Lombok, Nusa Tenggara Barat dalam usia 76 tahun. Salah satu pemikiran beliau yang sangat dikenal dalam perkembangan ilmu hukum adalah hukum ekonomi. Simak selengkapnya dalam artikel ini!    

  1. Ancaman Sanksi Administratif Hingga Pidana dalam UU Pelindungan Data Pribadi

DPR telah mengesahkan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (PDP) pada pertengahan September lalu.  Ada banyak pengaturan dalam UU yang terdiri dari 76 pasal tersebut. Selain kewajiban penting yang harus dipatuhi, terdapat juga sanksi administratif bagi pengendali data pribadi yang melakukan pelanggaran. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Advokat Ingatkan Penyelenggaraan Pertandingan Sepakbola Harus Taat Hukum

Dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (4/10), Presiden (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Erman Umar menegaskan seluruh penyelenggaraan pertandingan sepak bola pada semua level di Indonesia harus taat terhadap ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku. Hal ini bertujuan guna mencegah terulangnya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Ini Dia Pengurus AKPI Periode 2022-2025 yang Baru Dilantik

Imran Nating dan Nien Rafles Siregar telah menggelar Pelantikan Pengurus AKPI Periode 2022-2025. Dihadiri banyak anggota, kegiatan tersebut terselenggara di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta. Dalam struktur organisasi AKPI di bawah kepemimpinan Imran Nating, terdapat sejumlah penambahan nomenklatur dan posisi. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Haris Azhar: Komisioner Komnas HAM 2022-2027 Bakal Temui Masa Sulit di Tahun Awal

Pendiri Lokataru Foundation sekaligus mantan Koordinator KontraS, Haris Azhar, menilai calon komisioner Komnas HAM yang terpilih cukup memiliki pemahaman konsep HAM, pengalaman kerja bidang HAM, dedikasi advokasi dan pengetahuan akademik. Haris menduga calon komisioner yang terpilih itu akan mengalami masa sulit di tahun awal periode jabatannya. Mengingat akan ada tekanan dan harapan publik, terlebih akibat berbagai kondisi HAM yang memburuk belakangan terakhir ini. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait