Tidak Lagi Jadi Ibu Kota Negara, Begini Kondisi Jakarta Selanjutnya
Terbaru

Tidak Lagi Jadi Ibu Kota Negara, Begini Kondisi Jakarta Selanjutnya

Jakarta akan menjadi kota global dan contoh baik penerapan ekonomi biru.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Tidak Lagi Jadi Ibu Kota Negara, Begini Kondisi Jakarta Selanjutnya
Hukumonline

Meski tidak lagi menjadi Ibu Kota, Jakarta dipastikan tetap akan punya kekhususan. Pengembangan Jakarta sebagai pusat ekonomi juga selaras isi UU Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) yang telah disahkan Maret lalu. Jakarta akan dikembangkan menjadi bagian dari aglomerasi megapolis tiga provinsi bersama Banten dan Jawa Barat untuk mewujudkan kesetaraan di kancah global.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti memastikan rencana itu. “Setelah tidak menjadi Ibu Kota lagi, Jakarta akan menjadi kota global hijau dan mengembangkan konsep ekonomi biru sebagai pendukung. Hal ini guna menyiapkan generasi unggul Indonesia yang berkelanjutan,” ujar Widyastuti di acara Wisuda 2024 Universitas Borobudur, Minggu (21/4/2024) lalu.

Baca juga:

Konsep Bank Dunia mengenai ekonomi biru adalah pemanfaatan sumber daya laut yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan mata pencahariaan sekaligus pelestarian ekosistem laut.

Merujuk penjelasan Pasal 14 Ayat 1 UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, ekonomi biru adalah pendekatan untuk meningkatkan pengelolaan kelautan berkelanjutan, konservasi laut, dan sumber daya pesisir serta ekosistemnya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan prinsip keterlibatan masyarakat, efisiensi sumber daya, meminimalkan limbah, dan nilai tambah ganda.

Pemerintah DKI Jakarta mengaku telah membina 19 ribu pelaku UMKM yang relevan dengan konsep ekonomi biru. Mereka bergerak di bidang pertanian perkotaan, perikanan, serta pengolahan produk berbahan dasar mangrove dan pemanfaatan limbah kerang.

Sebagai provinsi yang memiliki 113 pulau serta wilayah pesisir, DKI Jakarta tengah dihadapkan pada beragam tantangan dan isu sebagaimana dihadapi negara-negara pulau dan kepulauan. Salah satunya berkaitan dengan penanganan dampak perubahan iklim di wilayah pesisir yang rentan memicu bencana alam.

Tags:

Berita Terkait