Gelar Pembekalan, Ini Pesan bagi Calon Hakim Alumni FH UI
Berita

Gelar Pembekalan, Ini Pesan bagi Calon Hakim Alumni FH UI

Mulai bergantung keteguhannya menegakkan keadilan dan menjaga kejujurannya, tidak tergiur godaan harta benda, mewujudkan keadilan menjadi hal utama, hingga bisa menjadi penggerak perubahan dalam dunia peradilan.

Oleh:
Norman Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Usai acara pembekalan Calon Hakim Alumni FH UI Tahun 2017 di Kampus FH UI Depok, Sabtu (20/1). Foto: NEE
Usai acara pembekalan Calon Hakim Alumni FH UI Tahun 2017 di Kampus FH UI Depok, Sabtu (20/1). Foto: NEE

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FH UI) bekerja sama dengan  Dekanat FH UI menggelar sarasehan sekaligus pembekalan bagi para alumni yang baru dinyatakan lulus seleksi calon hakim tahun 2017. Acara pembekalan ini juga mengundang para alumni yang berprofesi sebagai hakim agar kelak para alumni FH UI dapat mengemban amanah Wakil Tuhan dengan sebaik-baiknya demi mewujudkan peradilan bersih.

 

“Melihat rekrutmen calon hakim yang sekarang ini amat membanggakan. Yang lebih membanggakan lagi 80 alumni FH UI diterima, dalam sejarah FH UI ini barangkali jumlah yang terbesar,” ujar Ketua ILUNI FH UI, kata Ahmad Fikri Assegaf, dalam sambutannya di hadapan peserta pembekalan.

 

Fikri yang sehari-hari berkarir sebagai corporate lawyer merasa bangga bahwa kini alumni FH UI telah semakin banyak berkarya di sektor publik, khususnya dalam bidang peradilan. Menurutnya, ada harapan besar yang dititipkan kepada para alumni FH UI sebagai kampus hukum tertua dan terbaik di tanah air untuk aktif berkontribusi mengawal pembaharuan hukum Indonesia.

 

Dari pengalaman Fikri ikut serta berbagai proyek pembaharuan hukum, rekrutmen calon hakim menjadi persoalan hulu (awal) yang menimbulkan segala carut marut dunia peradilan di tanah air. Sosok hakim sebagai pembuat putusan akhir dari setiap perkara di pengadilan memiliki peran vital dalam menegakkan keadilan yang didambakan para pencari keadilan.

 

“Perjalanan masih panjang, jangan berpikir Anda cuma calon hakim yang ditempatkan di berbagai daerah, Anda adalah awal dari tonggak perbaikan lembaga peradilan kita berikutnya,” tegas Fikri disambut tepuk tangan para calon hakim yang hadir dalam sarasehan sekaligus pembekalan Sabtu (20/1) kemarin di kampus FH UI Depok. Baca Juga: 2018, MA Bakal Rekrut 1.000 Calon Hakim

 

Pernyataan Fikri ini dibenarkan Dekan FH UI Prof Melda Kamil Ariadno. “Belum pernah terjadi begitu banyak calon hakim dari lulusan FH UI, ini merupakan satu kebanggaan bagi fakultas kita, semoga bisa membawa keharuman bagi nama fakultas,” ujarnya dalam sambutan selaku Dekan.

 

Minimnya minat lulusan FH UI yang berkarya di lembaga peradilan sebagai hakim telah menjadi perhatian serius para dosen dan Guru Besar FH UI sejak lama. Terakhir kali rekrutmen calon hakim pada 2010 (sebelum akhirnya dibuka kembali pada tahun 2017 lalu), lulusan FH UI yang mendaftarkan diri menjadi calon hakim bisa dihitung dengan jari.  

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait