Penangkapan karena Bentangkan Poster Kritikan Saat Kunjungan Presiden

Bacaan 7 Menit
Penangkapan karena Bentangkan Poster Kritikan Saat Kunjungan Presiden
Pertanyaan

Mahasiswa kampus negeri ditangkap usai membentangkan poster tentang kritik KPK dan HAM saat Presiden sedang lewat. Bukankah penangkapan seperti ini justru malah memberangus hak kebebasan masyarakat dalam menyuarakan pendapatnya atau bisa dibenarkan penangkapan ini? Mohon pencerahannya.

Intisari Jawaban

Hak setiap orang untuk menyatakan pendapat telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan kemudian diuraikan secara rinci dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum, salah satunya untuk mengajukan pendapat, permohonan, pengaduan dan atau usulan kepada pemerintah.

Maka dari itu, perlindungan atas pemenuhan hak tersebut sudah jelas merupakan tanggung jawab negara terutama pemerintah. Dari kasus yang Anda ceritakan tersebut jelas terlihat bahwa kegiatan penangkapan tersebut telah mencederai hak masyarakat untuk menyatakan pendapatnya kepada pemerintah dalam rangka pelaksanaan pemerintahan yang baik.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika