Megawati Ajukan Amicus Curiae, Otto: Tidak Tepat Karena Pihak Berperkara
Melek Pemilu 2024

Megawati Ajukan Amicus Curiae, Otto: Tidak Tepat Karena Pihak Berperkara

Tapi, Otto menyebut diterima atau tidaknya surat amicus curiae yang disampaikan Megawati tergantung dari keputusan MK. Surat amicus curiae untuk perkara PHPU Presiden dan Wakil Presiden yang disampaikan oleh Megawati Soekarnoputri bukan untuk mengintervensi MK.

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Suasana sidang PHPU Presiden dan Wakil Presiden atau sengketa Pilpres 2024 di ruang sidang pleno MK. Foto: HFW
Suasana sidang PHPU Presiden dan Wakil Presiden atau sengketa Pilpres 2024 di ruang sidang pleno MK. Foto: HFW

Megawati Soekarnoputri menyampaikan surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat.

Surat Amicus Curiae untuk perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2024 tersebut diserahkan di Gedung II MK, Jakarta, yang diwakili oleh dan Kepala Bagian Sektap AACC Kerja Sama Luar Negeri Immanuel Hutasoit.

“Kedatangan saya untuk menyerahkan pendapat Sahabat Pengadilan dari seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga Ibu Mega dalam kapasitas sebagai WNI mengajukan diri sebagai Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto ketika ditemui di Gedung MK, Jakarta, Selasa (16/4/2024) seperti dikutip Antara.

Baca Juga:

Kemudian, ia menunjukkan dan membacakan tulisan tangan Megawati yang tertera di halaman belakang surat yang berisi beberapa pertimbangan kepada Majelis Hakim MK.

“Rakyat Indonesia yang tercinta, marilah kita berdoa semoga ketok palu MK bukan merupakan palu godam, melainkan palu emas. Seperti kata Ibu Kartini pada tahun 1911: “Habis gelap terbitlah terang”, sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu, timbul kembali dan akan diingat terus-menerus oleh generasi bangsa Indonesia,” ujar Hasto membacakan tulisan tangan Megawati.

Di bawah tulisan juga ditandatangani oleh Megawati Soekarnoputri dan tertulis pula seruan merdeka sebanyak tiga kali.

Tags:

Berita Terkait